Pages

Senin, 15 April 2013

10 Fakta tentang Planet Neptunus

 
1. Bulan Neptunus, Triton, perlahan-lahan semakin dekat dengan Neptunus. Akhirnya, ia akan begitu dekat dan mungkin terkoyak oleh gravitasi Neptunus dan mungkin juga membentuk cincin lebih spektakuler dari Saturnus.


2. Angin terkuat di tata surya telah tercatat di Neptunus, pada kecepatan hingga 2.000 kilometer per jam.


3. Neptunus memiliki bintik hitam mirip Great Red Spot di Jupiter. Ini adalah daerah tekanan atmosfer tinggi yang memaksa awan gas metana tinggi ke atmosfer muncul seperti cirrus (tipis, whispy) awan di Bumi. Namun, tempat ini menghilang dan muncul kembali pada bagian yang berbeda dari planet ini, tidak seperti tempat Jupiter.


4. Kadang-kadang Neptunus mengorbit Matahari lebih jauh daripada Pluto sehingga planet yang paling jauh di tata surya. Hal ini kembali ke posisi biasa sebagai planet terjauh kedua dari Matahari pada bulan Desember 1999.


5. Triton orbit Neptunus dalam arah yang berlawanan dengan rotasi planet. Ini adalah bulan terbesar di Tata Surya yang melakukan hal ini.


6. Neptunus memiliki empat cincin. Terdapat cincin yang lebih terang daripada cincin lain dan tampak seperti busur yang mengorbit planet ini. Mungkin mereka masih dalam proses pembentukan.


7. Sejak penemuannya pada tahun 1846, Neptunus telah menyelesaikan satu orbit penuh dari Matahari. Bahkan, diperlukan 165 tahun untuk planet ini untuk pergi mengelilingi matahari.


8. Neptunus ditemukan ketika para ilmuwan melihat sesuatu yang aneh tentang orbit Uranus ', mereka percaya ada sesuatu yang menarik didalam keindahan uranus. Mereka menghitung posisi planet dan segera setelah itu, ditemukan Neptunus.


9. Suhu terdingin diukur dalam Tata Surya (-237,6 ° C) telah dicatat di bulan Neptunus, Triton.


10. Pluto, sebuah planet kerdil yang memiliki orbit yang kadang-kadang melintasi bulan Neptunus, mungkin bulan Neptunus yang lolos dari tarik gravitasi neptunus, tetapi dicegah untuk melarikan diri dari tata surya oleh tarikan Gravitasi Matahari.

2 komentar:

  1. Planet Neptunus ,, serem banget diliatnya.
    Seperti Planet sihir :D
    Hehehe

    BalasHapus
  2. Wah Neptunus suhunya dingin banget :)
    Beku donk disana.

    BalasHapus